Wednesday 29 February 2012

Perbedaan Tukang Becak dan Superman


Oleh: Thoriq Tri Prabowo/IPI/10140021/IDKS A 

Tukang becak adalah sebuah profesi mulia yang secara kasat mata bisa dilihat seperti apa yang mereka kerjakan, mereka menawarkan jasa tumpangan transportasi dengan alternatif yang lain, selain angkot, bus umum, ojeg, ataupun alat transportasi yang penggunaannya dengan cara pelanggan digendong oleh penyedia jasanya (bila ada). Mengapa disebut alternatif lain? Karena pada dasarnya alternatif yang ditawarkan masyarakat zaman sekarang bukanlah alternatif, melainkan pilihan yang konsekuensinya sama saja, misalkan angkot para pengguna jasa tersebut tetap harus menunggu, bus umum, atau yang lain juga begitu, terlebih berbahaya juga jika akhir-akhir ini banyak terjadi kejahatan di dalam angkutan umum sebagai contoh kasus pemerkosaan di angkot beberapa bulan silam, dan becak datang memberi solusi atas kejadian itu, dalam becak tak kan mungkin terjadi kejahatan seperti halnya pemerkosaan, karena dimungkinkan akan sangat susah sekali bagi eksekutor melakukannya, maka himbauan naik becak sebenarnya baik juga bagi masyarakat, tak terkecuali bagi para bapak-bapak (meski jarang pemerkosaan terhadap bapak-bapak).
Deskripsi di atas merupakan sepintas gambaran becak, dan pertanyaan berikutnya adalah: Siapa sebenarnya tukang becak itu? Sedikit pernah disinggung di alinea pertama, tukang becak merupakan sebuah profesi yang sama seperti halnya profesi yang lain, mungkin akan berbeda definisinya jika dibahas di mata kuliah Etika Profesi, namun dalam kesempatan kali ini kita sama ratakan, jika tukang becak adalah manusia biasa, tukang becak juga terkadang Warga Negara Indonesia, dan kadang Warna Negara Asing yang melakukan pekerjaan mengendarai becak supaya baik jalannya (kata-kata yang familiar), tukang becak sebagian dijabat oleh pria, dan mungkin ada juga kaum perempuan yang mencoba menekuni profesi ini. Semua yang terjadi pada kehidupan manusia normal hal itu mungkin terjadi juga pada tukang becak, seperti halnya menyanyi, menari, main petak umpet, izin ke toilet sewaktu jam kuliah sangat membosankan, dan tak terkecuali buang air besar saat bangun tidur.
Lalu sebenarnya siapa superman itu? Apakah Superman itu benar-benar ada? Apakah Superman itu benar-benar George Reeves? Pertanyaan seperti ini pasti akan bermunculan jika pembahasan seperti judul di atas, hal itu juga masih di pertanyakan di Lembaga-Lembagaan Superhero Dunia (Apakah Lembaga tersebut benar-benar ada? Tidak.) menyatakan bahwa superman adalah salah satu superhero yang multitalent selain bisa terbang, superman juga mempunyai mata laser yang bisa membakar musuhnya, meski terkadang digunakan untuk membakar ayam, bawal, tahu, dan tempe (#SupermanPegawaiPenyetan), selain itu Superman juga tampan dengan belahan pinggir dan poni khatulistiwanya itu. Berikut adalah sedikit deskripsi tentang superman, jika ada pertanyaan lebih lanjut perihal superman, seperti berapa umur Superman? Dari mana Superman berasal, Kebumen, atau Banjarnegara? Atau pertanyaan sejenis itu, maka kita abaikan saja, dan berlanjut ke pembahasan berikutnya. Apa perbedaan Tukang Becak dan Superman? Dari deskripsi di atas dapat kita simpulkan bahwa Tukang Becak dan Superman sangatlah berbeda, beberapa perbedaannya adalah: 1. Tukang Becak mempunyai tempat mangkal, sedangkan Superman tidak 2. Tukang Becak mengendarai becak, dan Superman tidak mengendarai becak 3. Superman mempunyai jubah, sedangkan Tukang Becak jarang sekali yang mengenakan jubah 4. Superman adalah menusia super, sedangkan Tukang Becak manusia biasa, dan yang paling penting adalah 5. Tukang Becak teriak “Becak-becak…!” sedangkan Superman tidak teriak “Superman-superman…!” Berikut merupakan sedikit perbedaan Tukang Becak dan Superman yang sudah ditemukan para ahli (???) dan perbedaan yang lain, segera menyusul jika ada.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...