Oleh: Thoriq Tri Prabowo
Share dikit nih tentang proposal Pendidikan Pemakai (User Education) Silakan kopi paste kalo buat ilmu pengetahuan, kami sebagai penyusun Insyaallah Ikhlas hehe..
A. Latar Belakang
Perpustakaan
pada dasarnya adalah tempat dimana seseorang bisa memperoleh informasi secara
luas dengan penelusuran yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat
bantu penelusuran seperti katalog dan lainnya. Pemustaka dapat memperoleh
informasi tidak hanya yang dicarinya saja, melainkan informasi lain yang
berkaitan dan informasi lain yang dapat dipergunakan untuk referensi tambahgan
sebagai wawasan baru.
Untuk
memperoleh hasil yang maksimal hendaknya pemustaka mengetahui cara untuk
menelusur informasi yang cepat dan tepat, dan salah satu upaya yang dilakukan
perpustakaan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengadakan pendidikan
pemakai kepada para pemustakanya sehingga pemustaka bisa menelusur informasi di
perpustakaan dengan baik dan benar.
Dalam pelaksanaannya pendidikan pemakai perpustakaan tidaklah mudah, karena membutuhkan tenaga pengajar, dan beberapa sarana yang memadai untuk mewujudkan tercapainya pemustaka yang mandiri dalam menelusur informasi di perpustakaan, dana yang disediakan perpustakaan nampaknya sangat terbatas untuk mewujudkannya, oleh karena itu pihak perpustakaan masih membutuhkan bantuan dari para donasi untuk mewujudkannya.
Oleh
karena itu, semoga kegiatan yang ditujukan kepada para pemustaka ini bisa
berjalan sesuai dengan harapan. Dan semoga tidak ada
halangan atau hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ini dari awal samapai
selesai. Amin.
B. Visi dan Misi
Perpustakaan
Visi :
Mengembangkan
perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sebagai perpustakaan penelitian berbasis
keislaman dan keilmuan
Misi :
1.
Mengembangkan
sumber-sumber belajar yang unggul dalam bidang keislaman dan keilmuan.
2.
Meningkatkan
akses ke sumber-sumber penelitian dalam bidang keislaman dan keilmuan berbasis teknologi informasi.
3.
Meningkatkan
kualitas layanan prima yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
4.
Memperkuat
hubungan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan akses ke
sumber-sumber yang relevan.
C.
Maksud dan Tujuan Kegiatan
Pendidikan pemakai merupakan pendidikan yang
harus ditempuh pemustaka agar para pemustaka bisa mengakses informasi di
perpustakaan secara mandiri dengan baik dan benar. Dan berikut ini merupakan
data yang kami lampirkan dalam proposal acara yang akan kami selenggarakan.
Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pemakai
ini adalah :
1.
Mengenalkan
beragam literatur/sumber belajar yang mendukung pada pemustaka (siswa, mahasiswa, masyarakat).
2.
Membekali
pemustaka dengan ketrampilan dasar penelusuran beragam literatur tersebut
dengan memanfaatkan teknologi informasi dan fasilitas lain yang tersedia.
3.
Mengenalkan
keberadaan perpustakaan di sebagai penyedia sumber belajar bagi pemustaka.
4.
Menjelaskan
fasilitas, layanan, yang berlaku di perpustakaan.
D.
Nama Kegiatan
Kegiatan
ini dinamakan Penyelenggaraan Pendidikan Pemakai Perpustakaan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta
E.
Tempat Kegiatan
Tempat
dilaksanakannya kegiatan ini adalah di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta.
F.
Dasar Kegiatan
Dasar
dilakukannya kegiatan ini adalah program kerja
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada setiap setahun sekali.
G.
Pelaksana dan Penanggung Jawab
Kegiatan
Berikut
adalah susunan panitia pelaksanaan kegiatan ini:
Penanggung
Jawab :
Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Ketua
Panitia :
Priangga Arumpaka
Wakil
Ketua Panitia :
Fajar Nur Rohmad
Sekertaris :
1. Putri Primastuti
2.
Safrida
Bendahara
:
1. Evi Tamala
2. Citra Arumingtyas
Sie
Acara :
1. Gayus Tambunan
2. Nunun Nurbaeti
Sie
Humas :
1. Yudhiwan Nurokhim
2. Andi Ganda Ertisna
Sie
Konsumsi :
1. Sofianna Putri
2. Luna Maya
Sie
Dekorasi dan dokumentasi : 1. Cut Tari
2. Ratu Velissa
Sie
Perlengkapan :
1. Ahamd Purwaka Yudi
2. Wahyu Tri Nugraha
H.
Sasaran
Kegiatan
Peserta
kegiatan pendidikan pemakai adalah seluruh Mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012.
I.
Timeline
2
– 9 Januari 2011 :
Pemberitahuan pelaksanaan Pendidikan Pemakai
10
– 17 Januari 2011 : Pendaftaran
Pendidikan Pemakai
18
– 25 Januari 2011 : Pelaksanaan
Pendidikan Pemakai
26
Januari 2011 : Pembubaran
panita Pendidikan Pemakai
J.
Pendanaan
·
Konsumsi per@
Rp.4000,- x 4000 orang : Rp.
16.000,000,-
·
Buku panduan
per@ Rp.5000,- x 4000 orang : Rp.
20.000.000,-
·
Alat tulis
per@ Rp.3000,- x 4000 orang : Rp. 12.000.000,-
·
Sertifikat
per@ Rp.1500,-x 4000 orang :
Rp. 6.000.000,-
·
Lain-lain :
Rp. 1.000.000,- +
Keseluruhan dana : Rp. 55.000.000,-
K. Model
Pendidikan Pemakai Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga :
Model yang digunakan dalam Penyelenggaraan
Pendidikan Pendidikan Pemakai ini adalah orientasi perpustakaan. Model
Orientasi perpustakaan ini diharapkan bisa memperkenalkan kepada mahasiswa baru
tentang apa saja yang berada di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Dimana Cakupan
Orientasi Perpustakaan tersebut antara lain :
Ø Pengenalan Gedung dan Fasilitas
Perpustakaan : lokasi, luas gedung, ruang baca, OPAC, tempat menyimpan koleksi
dll.
Ø Jam layanan perpustakaan : jam buka-tutup
layanan perpustakaan.
Ø Jenis-jenis layanan apa saja yang
diberikan : layanan referensi, sirkulasi, serial dll.
Ø Pengenalan alat bantu perpustakaan : catalog
manual dan catalog elektronik (OPAC).
Ø Pengenalan alat pengembalian koleksi.
Ø Pengenalan bagaimana cara meminjam koleksi
dan bagaimana cara mengembalikannya.
Ø Pengenalan sumber-sumber pustaka.
Ø Pengenalan bagaimana akses perpustakaan.
L. Waktu dan
Materi Pendidikan Pemakai :
Waktu pendidikan pemakai :
Senin 08.00 – 16.00 : fakultas adab
(istirahat
12.00 – 13.00)
Selasa 08.00 – 16.00 : fakultas
saintek (istirahat
12.00 – 13.00)
Rabu 08.00
– 16.00 : fakultas soshum (istirahat
12.00 – 13.00)
Kamis 08.00 – 16.00 : fakultas
syariah dan tarbiah (istirahat
12.00 – 13.00)
Jum’at 08.00 – 16.00 : fakultas dakwah
(istirahat
11.30 – 13.00)
Sabtu 08.00 – 16.00 : fakultas
ushuludin (istirahat
12.00 – 13.00)
Materi pendidikan pemakai:
Tujuan materi
pendidikan pemakai:
·
User diharapkan dapat mengenal,
kalau mungkin menggunakan alat-alat bantu bibliografi.
·
Terampil menjadi subjek spesialis dalam bidangnya dalam menemukan koleksi.
·
Mengetahui
sumber-sumber pustaka yang tersedia di
perpustakaan lain, dan bisa mendapatkan
pustaka yang dibutuhkannya.
·
Mengenal
dan mengetahui serta dapat memanfaatkan perpustakaan digital.
·
dll.
Materi meliputi:
1.
Fasilitas
Perpustakaan
a.
Gedung
30 meter x 20 meter terdiri 4 lantai
Ø Lantai 1 : layanan informasi perpustakaan
Ø Lantai 2 : referensi, serial
Ø Lantai 3 : sirkulasi, karya islam
Ø Lantai 4 : sirkulasi, karya umum
b.
Koleksi
Ø Koleksi tercetak
Ø Koleksi Elektronik/non cetak
c.
Intranet & Internet
d.
Foto Copy
e.
Ruang Seminar & Diskusi
f.
Sistem layanan
g. Sistem
keanggotaan
h. Sistem
pengolahan
i.
Peraturan dan tata tertib perpustakaan
j.
Akses informasi/temu balik
k. Sarana temu
kembali informasi
2. Jam
pelayanan Perpustakaan:
§ Senin s/d
Kamis :
08.00 – 12.00
12.00
– 13.00 (istirahat)
13.00
– 20.00
§ Jum’at :
08.00 – 11.00
11.00
– 13.00 (istirahat)
13.00
– 20.00
§ Sabtu :
08.00 – 12.00
12.0
– 13.00
(istirahat)
13.0
– 20.00
M.
Penutup
Perpustakaan
sebagai penyedia informasi seharusnya dapat menjadi sarana temu kembali
informasi yang mudah ditemukan, sehingga segala problematika pemustaka
seakan-akan bisa diselesaikan di perpustakaa, hal tersebut akan menjadi magnet
bagi para pemustaka untuk selalu datang ke perpustakaan tersebut.
Namun kenyataan tak
selalu seperti yang direncanakan, perpustakaan yang dibuat untuk mmemnuhi
kebutuhan informasi pemustaka sering kali tidak menjadi penyedia informasi yang
diharapkan, bukan karena koleksi dan elemen dari perpusyakaan yang kurang
lengkap, tetapi karena terkadang pemustaka yang kurang memahami fasilitas yang
disediakan perpustakaan.
Menyikapi hal di
atas perlu diadakan pendidikan dan pelatihan pemakai perpystakaan, namun karena
keterbatasan dana banyak yang belum dapat melaksanakan pendidikan pemakai,
apalagi perpustakaan perguruan tinggi seperti halnya perpustakaan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta mempunyai koleksi yang cukup banyak dan sangat komplek, hal
itu akan sangat membngungkan pemustaka jika para pemustaka belum mengetahui
siasat-siasat untuk menelusur informmasi.
Besar harapan kami
agar proposal yang kami ajukan dapat diterima dan dapat diberi anggaran
sepperti yang telah kami lampirkan di atas, demikian apa yang dapat kami
paparkan semoga dapat dijadikan pertimbangan.
Yogyakarta, 15
Desember 2011
Mengetahui
Sekretari
Ketua Panitia
Kepala Perpustakaan
Putri Primastuti Priangga Arumpaka
Tono Surtono Martono, MLIS
PROPOSAL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PEMAKAI
PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Tulisan ini disusun guna memenuhi tugas Pendidikan Pemakai
Dosen Pengampu : Sukirno, S.IP., MA.
Disusun oleh:
Rifqy Rosi Mulyadi 10140006
Ifazul Rahmat Setyadi 10140010
Enggar Jenny Muchlas 10140012
Bayu Andi Ernanto 10140020
Thoriq Tri Prabowo 10140021
JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
2011
No comments:
Post a Comment